AIR, BENSIN, DAN MOTOR

KLIK - DetailSudah banyak yang tahu Voll Yohanis Bosco meriset Suzuki Smash berbahan bakar gabungan air dan bensin. Temuan pria asal Palu, Sulawesi Tengah ini fantastis dan mengundang banyak pertanyaan. Bagaimana bisa air disulut api busi dan menghasilkan ledakan yang ditransfer jadi energi gerak?

LANGKAH PERTAMA
OPLOS BENSIN DAN AIR
Langkah pertama ini memang bikin kaget. Bensin kok dicampur air. Gimana bisa homogen atau menyatu? “Memang secara fisik tak senyawa, tapi secara kimiawi bisa senyawa,” jelas Voll Yohanis Bosco yang ditemui di Gelar Teknologi Tepat Guna di Manado Convention Center.

Bensin rumus kimianya C8H12 dan air (H2O) dicampur dengan perbandingan 1:4. Hitungannya 1 liter bensin bisa dicampur 4 liter air. Artinya 80% air dan 20% bensin.

LANGKAH KEDUA
DITUANG KE TANGKI

Seperti enggak percaya kalau dari omongan doang. KLIK - DetailPria beken dipanggil Boy itu langsung praktik sendiri. Menuang campuran bensin dan air ke dalam tangki bensin asli Smash. Namun telah dimodif dengan tutup model ulir biar lebih rapat. Cuuur… baru deh ituang dan ditutup rapat.
Menurut pegawai negeri sipil (PNS) yang bekerja di Radio Republik Indonesia RRI, Palu, Sulawesi Tengah ini, harusnya benar-benar sempurna dan tidak berkarat. Tangki motor harus terbuat dari fiber atau stainless steel.

LANGKAH KETIGA
DIHIDUPKAN

KLIK - DetailBegitu mesin distarter, udara murni (tanpa uap bensin) dari karburator masuk menuju ruang bakar. Sebelumnya fungsi karbu sebagai pengabut bensin dinon-aktifkan. Maksudnya yang dipakai hanya skepnya saja untuk mengatur debit udara.

Berbarengan dengan udara masuk ruang bakar, campuran bensin dan air dari tangki dialirkan lewat pipa kecil menuju reaktor. Volume campuran bensin-air diatur dengan keran. “Hanya dibuka sedikit,” jelas Boy.

Reaktor seperti tabung berbentuk pipa, tapi lebih besar dari slang bahan bakar. “Nah, di reaktor ini dihasilkan uap bensin yang dialirkan menuju ruang bakar lewat intake manifold (leher angsa),” sebut Pak Boy.

Akhirnya uap bensin dan udara bertemu di ruang bakar dan dikompresi piston. Selanjutnya dipantik api busi dan terjadilah pembakaran. Mesin pun hidup lewat siklus 1 ini.

LANGKAH KE EMPAT
POLUTAN JADI BAHAN BAKAR DAUR ULANG

Setelah mesin hidup menghasilkan gas buang hasil KLIK - Detailpembakaran yang berupa polutan CO (karbon monoksida) dan CO2 (karbon dioksida). Lalu dari lubang buang dialirkan menuju reaktor. Polutan itu bereaksi dengan air (H2O) di dalam reaktor dan menghasilkan gas CH4 atau metane.

Metane punya sifat seperti uap bensin. Untuk daur ulang dialirkan menuju ruang bakar lewat intake manifold. Campur dengan udara di ruang bakar. Dikompresikan dan dipantik api busi. Akhirnya terjadi pembakaran dari siklus 2.

Energi untuk menjalankan reaktor diambil dari panas gas buang yang mengakibatkan pembakaran menjadi efisien. Apalagi bila tabung reaktor sudah mencapai suhu 150–200 derajat celcius, baru deh mesin bisa hidup normal dan sanggup bergasing tinggi.

“Memang pada awal starter masih mbrebet. Maklum metane di dalam tabung reaktor masih dalam proses pembuatan,” jelas pria yang masih banyak merahasiakan isi reaktornya ini.

Jadi, reaktor punya dua fungsi. Selain menghasilkan uap bensin untuk pembakaran, juga mengubah polutan jadi metane.
LANGKAH KELIMA
GAS BUANG RAMAH LINGKUNGAN

KLIK - DetailKala mesin dingin, knalpot dari tabung reaktor keluar bintik-bintik air dibarengi mesin yang masih mbrebet. Ketika mesin sudah panas yang keluar dari knalpot hanya oksigen atau O2.

“Sangat ramah lingkungan. Hanya air (H2O) dan oksigen (O2),” aku pria yang tahun depan akan meriset kembali sepeda motor 100% berbahan bakar air (BBA). Artinya bukan lagi campuran bahan bakar minyak (BBM) Premium dan air.

SBY
Voll Yohanis Bosco memang top. Seiring harga minyak KLIK - Detailmentah dunia naik, beliau bisa menciptakan motor bahan bakar campuran air dan bensin. “Aku bukan pencipta. Pencipta itu hanya Tuhan kan? Saya hanya memodifikasi,” rendah bapak bercambang lebat ini.

Katanya ide terpikirkan gara-gara mantan gubernur DKI Sutiyoso punya proyek Blue Sky. Itu lho yang dicanangkan untuk mengatasi polusi di Jakarta. Dari situ lantas berpikir bagaimana caranya mengurangi polusi di Jakarta.

Saat ini Boy bersama teman-temannya sudah tiga kali melakukan eksperimen temuan mereka. Temuan yang sekarang saja perlu waktu 2 tahun untuk riset. Sekarang pun masih dalam tahap penyempurnaan.

Hasilnya dengan 1 liter bensin sama dengan 4 liter bensin akan jadi lebih efisien. “Kalau 1 liter bensin bisa 5 km berarti dengan komposisi 1 banding 4 bisa 200-an kilometer,” jujur Boy yang mengaku sudah tes sejauh 247 kilometer.

Sempat mencari Pak Presiden SBY ke Jakarta untuk memberitahukan motor ramah lingkungan hasil modifikasinya. Ketika itu pasca gempa Jogja. Akhirnya diperbolehkan menyusul dengan pesawat Hercules. Di Kota Gudeg itu Boy baru bisa memberi tahu SBY.

baca juga yang lain :
http://www.motorplus-online.com/articles.asp?id=11439
http://yudiherdadi.wordpress.com/2007/11/26/motor-bahan-bakar-air/

Perihal abasozora
i miss u mama

3 Responses to AIR, BENSIN, DAN MOTOR

  1. solihatbudisetiyadi mengatakan:

    bagus juga tuh buat motor saya he he hemat air kan ada di mana mana tuh

  2. f3bri mengatakan:

    yang punya abas y………
    moga sukses y….

  3. Overeater mengatakan:

    Somehow i missed the point. Probably lost in translation🙂 Anyway … nice blog to visit.

    cheers, Overeater!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: