PEMADAMAN LISTRIK

Pemadaman Listrik di Pulau Jawa Masih Terjadi

Liputan6.com, Yogyakarta:
Pemadaman aliran listrik secara bergilir di sejumlah wilayah di Pulau Jawa hingga Jumat (30/5) masih berlanjut. Di Yogyakarta, pemadaman listrik sudah terjadi sejak tiga hari silam. Pemadam ini menyebabkan pasien dan pengunjung Rumah Sakit Umum Pusat dokter Sarjito panik. Dokter yang akan mengoperasi pasien pun tidak kalah khawatir. Meski listrik 15 menit kemudian nyala kembali digantikan oleh genset.

Di Kediri, Jawa Timur, para pengusaha konveksi mengaku setiap hari rugi rata-rata Rp 5 juta. Sebab industri konveksi mereka terpaksa berhenti beroperasi sekitar dua jam setiap harinya akibat pemadaman listrik. Pemadaman terpaksa dilakukan karena Perusahaan Listrik Negara (PLN) area Kediri mengalami divisit 30 mega watt.

Sementara itu, padamnya listrik di sejumlah wilayah di Kabupaten Madiun, Jatim, terjadi sejak pukul 09.00 WIB hingga 20.00 WIB. Ini membuat lampu pegatur lalu lintas tidak berfungsi sehingga arus kendaraan semrawut. Guna mengatasinya, polisi pun bekerja keras mengatur arus lalu lintas sepanjang hari.

Di Semarang, Jawa Tengah, listrik mati sejak pukul 08.00 WIB hingga petang hari. Pemadaman terjadi sejak empat hari silam. Pihak PLN area Semarang menyatakan pemadaman dilakukan lantaran keterlambatan pasokan bahan bakar minyak (BBM) ke sejumlah pembangkit listrik.

Sementara PLN pusat berdalih pemadaman bergilir di Pulau Jawa-Bali akibat gangguan pasokan BBM ketiga Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU). Yakni PLTGU Muara Tawar, Jawa Barat, Tambak Lorok, dan Grati. Akibatnya, stok BBM di tiga PLTGU ini habis atau kritis sejak 10 hari silam karena beban operasi secara penuh oleh PLN [baca: Listrik Kerap Padam di Sejumlah Daerah].

Dampaknya pasokan listrik jaringan Jawa-Bali mengalami defisit 900 mega watt sejak pekan silam. Kondisi itu diperburuk olehpenurunan daya pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Saguling serta Cirata, Jabar, akibat penurunan debit air menjelang musim kemarau. Dalam jumpa pers bersama di Jakarta, Pertamina dan PLN menyepakati penerapan tarif BBM komersial untuk pembangkit listrik.(BOG/Tim Liputan 6 SCTV)

Perihal abasozora
i miss u mama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: