Teh & Susu

Hmmm baru aja aku minum teh susu terus cari artikle di internet yang wow mengurangi manfaat dari teh nya sendiri malahan yach ?

Susu mempengaruhi manfaat teh bagi kesehatan


Mengkonsumsi teh dapat menekan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke, namun hal itu tidak berlaku apabila pada teh tersebut dicampurkan susu, peneliti dari Jerman menyebutkan 8 Januari 2007.

Peneliti tersebut menjelaskan bahwa teh dapat meningkatkan aliran darah dan kemampuan dari arteri untuk berelaksasi, namun selanjutnya para ahli yang berasal dari Charite Hospital dari University of Berlin, Mitte menyebutkan susu dapat menghambat efek perlindungan yang dimiliki teh dalam menghambat terjadinya penyakit jantung.

Manfaat minuman teh hitam dapat dihambat secara komplit, saat minuman teh tersebut diberi susu, Dr. Verena Stangi, seorang kardiolog menyebutkan.

Ia mengatakan kepada Reuters bahwa jika ingin mengambil manfaat dari minuman teh untuk kesehatan jantung, jangan menambahkan susu dalam minuman tersebut. Hal tersebut jelas ditunjukkan melalui hasil penelitiannya.

Teh merupakan minuman kedua yang banyak dikomsumsi oleh semua orang di seluruh dunia, mereka mengkonsumsi minuman tersebut karena diyakini kasiat dari teh tersebut. Namun hingga saat ini tidak diketahui apakah penambahan susu pada minuman tersebut mempengaruhi khasiatnya.

Stangl dan timnya menyebutkan bahwa protein yang disebut kasein yang terdapat pada susu dapat menurunkan sejumlah komponen yang terdapat pada teh yang disebut catechin, yang memiliki kemampuan melawan penyakit jantung.

Mereka sangat yakin dengan temuan tersebut, dimana dilaporkan dalam European Heart Journal, yaitu dijelaskan bagaimana negara seperti Inggris yang memiliki kebiasaan mencampurkan teh dengan susu , ternyata tidak menunjukkan penurunan angka risiko penyakit jantung dan stroke.

Teh hitam sangat bermakna meningkatkan aliran darah bila dibandingkan dengan cairan lainnya, namun saat dicampur dengan susu efek tersebut hilang.

Uji coba juga dilakukan terhadap hewan tikus. Saat tikus tersebut terpapar/diberi teh hitam, maka produksi natrium oksidanya akan meningkat sehingga meningkatkan dilatasi dari pembuluh darah. Sedangkan saat minuman teh tersebut diberi susu efek tersebut terhambat.

Teh Campur Susu, Nikmat Tapi Kurang Sehat

Secangkir teh dicampur susu memang nikmat, apalagi disajikan panas-panas. Tapi tunggu dulu, meski nikmat namun campuran susu dalam segelas teh bisa menghalangi manfaat teh untuk menjaga kesehatan jantung. Mengapa begitu?

Berbagai penelitian telah membuktikan minum secangkir teh hitam bisa membuat syaraf lebih rileks dan menjaga tekanan darah tetap normal.

Namun, manfaat teh hitam tersebut akan terhalang oleh caseins, protein yang terdapat dalam susu, jika dicampurkan. Demikian seperti dilaporkan tim peneliti asal Jerman dalam European Heart Journal.

Tim peneliti melakukan riset untuk melihat manfaat teh terhadap 16 manusia dan jaringan pada tikus. Menurut tim peneliti, molekul dalam teh yang disebut catheins, akan memperlebar pembuluh darah dengan memproduksi senyawa kimia yang disebut nitric oxide.

Nah, caseins yang berasal dari susu akan menghalangi manfaat tersebut dengan cara mengurangi konsentrasi catheins.

Hasil penelitian tersebut mendapat berbagai tanggapan, salah satunya dari anggota British Heart Foundation (BHF), June Davison yang mengatakan bahwa menjaga kesehatan jantung bisa dilakukan dengan banyak cara lain yang efeknya lebih besar, seperti tidak merokok serta menjaga pola makan yang sehat.

Ia juga mengkritik sedikitnya responden dalam penelitian tersebut belum bisa membuktikan dampak dari sedikit campuran susu pada secangkir teh. Namun anggota peneliti menyebutkan bahwa riset ini sangat kompleks, karenanya baru bisa dilakukan pengujian pada sedikit responden.

Pihak yang kontra dengan hasil riset tersebut menyebutkan bahwa teh adalah minuman yang sangat menyehatkan dan mengandung 200 zat bioaktif, sehingga sedikit campuran susu tidak akan mengurangi manfaat zat-zat tersebut. Lagipula menurut mereka, tambahan susu bisa meningkatkan asupan kalsium.

Sumber: BBC

Perihal abasozora
i miss u mama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: